Mengetahui Pengaruh Kemasan dalam Keberhasilan Suatu Produk

Mengetahui Pengaruh Kemasan dalam Keberhasilan Suatu Produk

Impian dari setiap pelaku bisnis adalah memiliki citra atau brand awareness yang bagus di mata para konsumennya. Citra yang baik merupakan kunci dari keberhasilan sebuah bisnis untuk merangkul sebanyak mungkin pelanggan dan calon pelanggan, kemudian menumbuhkan kepercayaan yang mengakar untuk membeli produk yang dijual, dan berujung pada meningkatnya profitabilitas perusahaan.
https://bisnisukm.com/uploads/2014/09/fungsi-kemasan.jpg
Sumber: bisnisukm.com
Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah: Apakah cara terbaik agar bisnis mampu memiliki citra yang baik bagi para pelanggannya? Selain dari aktivitas public relation yang gencar, bisnis juga harus membangun citra dari tampilan produk yang mereka jual. Salah satu faktor yang harus diperhatikan secara seksama adalah kemasan produk yang mampu menarik hati pelanggan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9Y3Y9idUqrOYehd_8JDZUwSuCxIEHU5CHAozZZKdTy6G3YsdfeH7YSkDYGf6vVnd1fWuFqLAnLOzqc2sE8oU_C-RcjTh_hAQskctQRsSJni6HLra0vQX0tjluY__5_unPNZc0jUvGvJZL/s1600/bitebrands-desain-kemasan-packaging-unik-menarik-kreatif-02.jpg
Secara umum, kemasan adalah bagian terluar yang membungkus suatu produk dengan tujuan untuk melindungi produk dari cuaca, guncangan, dan benturan-benturan terhadap benda lain. Setiap bentuk barang yang membungkus suatu benda di dalamnya dapat disebut dengan packaging atau kemasan sejauh hal tersebut memang melindungi isinya.
Untuk menampilkan image dan pandangan terhadap suatu isi produk, maka kemasan biasanya dibentuk atau di desain sedemikian rupa, sehingga pesan yang akan disampaikan akan dapat ditangkap oleh pemakai produk dengan baik. Selain untuk menampilkan pandangan yang baik, kemasan juga memiliki fungsi yang beragam.

Fungsi Kemasan

Fungsi paling mendasar dari kemasan adalah untuk mewadahi dan melindungi produk dari kerusakan-kerusakan, sehingga lebih mudah disimpan, diangkut, dan dipasarkan. Secara umum, fungsi kemasan adalah sebagai berikut:
  1. Mewadahi produk selama distribusi dari produsen hingga ke konsumen, agar produk tidak tercecer, terutama untuk cairan, pasta, atau butiran.
  2. Melindungi dan mengawetkan produk, seperti melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembapan udara, oksigen, benturan, kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk.
  3. Sebagai identitas produk, dalam hal ini kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada kemasan.
  4. Meningkatkan efisiensi, misalnya memudahkan penghitungan (satu kemasan berisi 10, 1 lusin, 1 gross dan sebagainya), sehingga memudahkan pengiriman dan penyimpanan. Hal ini penting dalam dunia perdagangan.
  5. Melindungi pengaruh buruk dari luar, Melindungi pengaruh buruk dari produk di dalamnya, misalnya jika produk yang dikemas berupa produk yang berbau tajam, atau produk berbahaya seperti air keras, gas beracun dan produk yang dapat menularkan warna, maka dengan mengemas produk ini dapat melindungi produk-produk lain di sekitarnya.
  6. Memperluas pemakaian dan pemasaran produk, misalnya penjualan kecap dan sirup mengalami peningkatan sebagai akibat dari penggunaan kemasan botol plastik.
  7. Memberikan nilai yang berbeda dari produk serupa sehingga dapat meningkatkan daya tarik calon pembeli.
  8. Menjadi sarana informasi dan iklan, di mana dalam kemasan Anda bisa menambahkan alamat website, social media, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Kemasan
Kemasan Berdasarkan Struktur Isi

  • Kemasan Primer
    Bahan kemas yang langsung mewadahi produk (misalnya kaleng susu, botol minuman, dll).
  • Kemasan Sekunder
    Kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya, seperti kotak karton untuk wadah kaleng susu, kotak kayu untuk wadah buah-buahan yang dibungkus dan sebagainya.
  • Kemasan Tersier dan Kuarter
    Kemasan yang diperlukan untuk menyimpan, pengiriman atau identifikasi. Kemasan tersier umumnya digunakan sebagai pelindung selama pengangkutan.

Berdasarkan Frekuensi Pemakaiannya

  • Kemasan Sekali Pakai (Disposable)
    Kemasan yang langsung dibuang setelah satu kali pakai. Contohnya bungkus plastik, bungkus permen, bungkus daun, karton dus, makanan kaleng.
  • Kemasan Dipakai Berulang Kali (Multi Trip)
    Kemasan jenis ini umumnya tidak dibuang oleh konsumen, akan tetapi dikembalikan lagi pada agen penjual untuk kemudian dimanfaatkan ulang oleh pabrik. Contohnya botol minuman dan botol kecap.
  • Kemasan yang Tidak Dibuang (Semi Disposable)
    Kemasan ini biasanya digunakan untuk kepentingan lain di rumah konsumen setelah dipakai. Contohnya kaleng biskuit, kaleng susu dan berbagai jenis botol.

Berdasarkan Tingkat Kesiapan Pakai

  • Kemasan Siap Pakai
    Bahan kemas yang siap untuk diisi dengan bentuk yang telah sempurna sejak keluar dari pabrik. Contohnya adalah wadah botol, wadah kaleng, dan sebagainya.
  • Kemasan Siap Dirakit
    Kemasan yang masih memerlukan tahap perakitan sebelum pengisian, misalnya kaleng dalam bentuk lempengan dan silinder fleksibel, wadah yang terbuat dari kertas, foil atau plastik.
Itulah beberapa hal yang dapat dipelajari mengenai kemasan dalam sebuah produk. Kemasan erat kaitannya dengan proses produksi dan perhitungan stok barang. Kini, Anda dapat melakukan perhitungan stok barang dengan lebih mudah menggunakan software akuntansi. Salah satu software akuntansi yang dapat Anda gunakan adalah Jurnal.

Komentar